KKNI dan SN-DIKTI | ||
Sikap | S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | |
S3 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |
S6 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; | |
S7 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |
S8 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |
S9 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | |
S10 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |
Penciri Prodi | ||
S11 | Menghargai nilai biodiversitas dan konservasinya untuk kemaslahatan hidup masyarakat | |
Rumusan Penciri PT | ||
S12 | Mampu mengejawantahkan filosofi Si tou timou tumou tou yang artinya manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. | |
S13 | Menginternalisasi prinsip-prinsip belajar sepanjang hayat, literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan mampu memahami tanda-tanda revolusi industri 4.0 | |
Penguasaan Pengetahuan | Rumusan Asosiasi | |
P1 | Menguasai konsep teoritis biologi sel dan molekul; biologi organismal; ekologi dan evolusi; | |
P2 | Menguasai konsep statistika, biofisika, kimia organik dan biokimia; | |
P3 | Menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan biologi pada bidang pangan, kesehatan, lingkungan hayati, dan sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya; | |
P4 | Menguasai konsep, prinsip-prinsip, dan aplikasi bioteknologi yang relevan; | |
P5 | Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk analisis dan sintesis sumberdaya hayati dalam lingkup spesifik; | |
P6 | Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada teknologi, instrumen, serta metode standar “analisis dan sintesis” sumberdaya hayati. | |
Penciri Prodi | ||
P7 | Menguasai konsep dasar dan penerapan biodiversitas dan konservasi terutama di Kawasan Wallacea | |
Penciri Nasional dan PT | ||
P8 | Menguasai konsep-konsep dasar keagamaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing serta mampu mengembangkan sikap toleransi. | |
P9 | Menguasai konsep rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan jiwa kejuangan yang tinggi sebagai upaya turut serta dalam pembelaan negara melalui pembangunan ketahanan nasional dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam rangka mengawal kelangsungan hidup NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. | |
P10 | Menguasai konsep dasar dan menerapkan asas-asas rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila | |
P11 | Menguasai dan mampu menggunakan keterampilan berbahasa Indonesia terutama dalam bidang akademik, seperti penulisan ilmiah dan presentasi ilmiah | |
P12 | Menguasai pengetahuan geoposisi dan geopolitik serta potensi keunggulan kompetitif Sulawesi Utara di Kawasan Pasifik, dan Pemanfaatannya serta pengembangannya di era revolusi industri 4.0 | |
P13 | Mengembangkan jiwa kewirausahaan serta menguasai dan mampu menyusun gagasan kreatif, inovatif, dan bermanfaat untuk mengembangkan kewirausahaan sesuai dengan kompetensi ilmunya di era revolusi industri 4. | |
P14 | Mampu mengenali struktur kalimat yang baik dan menguasai strategi menyimak, membaca, dan berbicata sesuai kompetensi yang disyaratkan dalam ujian kemahiran Bahasa Inggris berstandar internasional | |
P15 | Menguasai dan mampu memperdalam pengertian dan penghayatan tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner dan lintas sektoral, pengembangan secara utuh khususnya daerah pedesaan; mendewasakan cara berfikir untuk melaksanakan penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di dalam masyarakat secara pragmatis ilmiah. | |
P16 | Menguasai konsep MIPA dasar yang berkaitan dengan bidang keilmuan | |
Keterampilan Khusus (KK) | Rumusan Asosiasi | |
KK1 | Mampu memecahkan masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati melalui prinsip-prinsip pengorganisasian sistematika, memprediksi, menganalisis data, informasi dan bahan hayati serta memodulasi struktur dan fungsi sel (organizing principle, predicting, analyzing and modulating), serta penerapan teknologi yang relevan; | |
KK2 | Mampu mengaplikasikan keilmuan biologi agar bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari; | |
KK3 | Mampu menyajikan alternatif solusi terhadap masalah bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati dalam lingkup spesifik, yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat; | |
KK4 | Mampu menyiapkan, menangani, dan mengelola sumber daya hayati dalam lingkup spesifik. | |
Penciri Prodi | ||
KK5 | Mampu menggidentifikasi dan menyusun strategi konservasi biodiversitas terutama di Kawasan Wallacea | |
Penciri Nasional dan PT | ||
KK6 | Mampu menerapkan konsep-konsep dasar keagamaan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing serta mampu mengembangkan sikap toleransi. | |
KK7 | Mampu menerapkan konsep rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan jiwa kejuangan yang tinggi sebagai upaya turut serta dalam pembelaan negara melalui pembangunan ketahanan nasional dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam rangka mengawal kelangsungan hidup NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. | |
KK8 | Mampu menerapkan konsep dasar dan menerapkan asas-asas rasa kebangsaan dan cinta tanah air; demokratis yang berkeadaban; menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila | |
KK9 | Mampu menggunakan keterampilan berbahasa Indonesia terutama dalam bidang akademik, seperti penulisan ilmiah dan presentasi ilmiah. | |
KK10 | Mampu menerapkan geoposisi dan geopolitik serta potensi sumber daya alam dan sosial budaya Sulawesi Utara di lingkaran Pasifik | |
KK11 | Mampu menyusun gagasan inovatif dan kreatif untuk mengembangkan gagasan-gagasan dalam mengembangkan kewirausahaan | |
KK12 | Mampu menggunakan keterampilan berbahasa Inggris terutama dalam bidang akademik, seperti penulisan ilmiah dan presentasi ilmiah | |
Keterampilan Umum (KU) | KKNI dan SN DIKTI | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |