Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Matematika

  • Memiliki sifat dan karakter yang unggul dalam hubungan antarsesama sebagai implementasi sifat Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia dan keunggulan lokal Si Tou Timou Tumou Tou, serta nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menginternalisasi prinsip-prinsip belajar sepanjang hayat, literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan mampu memahami tanda-tanda revolusi industri 4.0.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dan bertanggungjawab di bidang keahliannya secara mandiri dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Menguasai keilmuan teoritis dan memiliki kecakapan dalam menerapkan ilmu-ilmu dasar dan umum dalam mendukung keilmuan bidang matematika.
  • Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
  • Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier, persamaan diferensial, dan analisis numerik.
  • Mampu mengkomunikasikan dan mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari penguasaan prosedural/komputasi hingga penguasaan yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal.
  • Mampu mengamati, mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan melibatkan bantuan teknologi.
  • Mampu merekonstruksi/memodifikasi, menganalisis/berpikir secara terstruktur terhadap model matematika dari suatu sistem/masalah nyata, serta mengkaji keakuratan dan mengintepretasikan hasil.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dengan menggunakan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia.
  • Memiliki kecakapan abad-21 dan penerapannya dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan kebutuhan dunia kerja untuk mendukung pengembangan dan pemanfaatan keilmuan matematika.
  • Mampu merencanakan, melaksanakan, menulis, dan mendisiminasikan hasil kajian dalam bidang matematika secara spesifik melalui penelitian, proyek, atau kegiatan lainnya yang relevan, serta menyusun hasilnya dalam bentuk skripsi atau laporan hasil kegiatan lainnya yang relevan.