TIM PKM PRODI FARMASI FMIPA UNSRAT MELATIH LANSIA DAN WANITA/KAUM IBU MEMBUAT BALSEM DAN MINYAK AROMATHERAPY BERBAHAN DASAR MINYAK CENGKEH ASLI SULAWESI UTARA

Tim PKM dari Prodi Farmasi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin melakukan penyuluhan dan pelatihan untuk lansia dan wanita/ kaum ibu GMIM Kharisma Koka untuk membuat balsam dan minyak aromatherapy berbahan dasar minyak cengkeh asli Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Jainer Pasca Siampa, S.Si., M.Si., Apt (Ketua tim), Olvie Syenni Datu, S.Farm., M.Farm., Apt dan Imam Jayanto, S.Farm., M.Sc., Apt (Anggota tim) beserta beberapa mahasiswa dari Prodi Farmasi.

Topik pengabdian yang dipilih karena tingkat keluhan nyeri dan bengkak yang cukup tinggi sehingga penggunaan balsem dan juga minyak aromatherapy sebagai upaya pengobatan mengalami peningkatan  pada kalangan lansia maupun kaum ibu. Jainer memaparkan bahwa topik pengabdian ini pun juga diharapkan dapat mampu memberikan wawasan dan keterampilan bagi mitra tentang balsem dan minyak aromatherapy. Penggunaan minyak cengkeh asli Sulawesi utara dipilih agar memudahkan masyarakat untuk memperolehnya karena merupakan hasil bumi daerah sendiri. Produk ini juga merupakan hasil penelitian kami sebelumnya yang telah diuji tingkat iritasi, kesukaan dan parameter pengujian fisik lainnya.

Para mitra pun sangat senang dengan kehadiran tim PKM karena telah memperlihatkan cara pembuatan sediaan farmasi yang selama ini sering digunakan. Produk yang dibagikan juga disukai oleh masyarakat dan banyak testimoni tentang manfaat yang langsung dirasakan antara lain memberi kehangatan dan dapat meredakan batuk saat dioleskan pada bagian leher.

Oleh karena itu, kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan produk sederhana perlu untuk terus dilakukan agar dapat menambah keterampilan masyarakat untuk membuat produk kesehatan yang berguna bagi keluarga bahkan kedepannya dapat berpeluang sebagai usaha rumah tangga. (PS)