UPAYA PENINGKATAN STATUS KESEHATAN KELUARGA MELALUI PELATIHAN LITERASI KESEHATAN DI GEREJA KATOLIK PAROKI SANTO YOHANES PENGINJIL DESA LAIKIT KECAMATAN DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA

Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang pelatihan literasi kesehatan bagi warga Gereja Katolik Paroki Santo Yohanes Penginjil Desa Laikit Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Universitas Sam Ratulangi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dalam upaya pemerataan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Literasi kesehatan bagi masyarakat merupakan hal yang sangat penting karena akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kesehatan keluarga sebagai kelompok kecil dalam masyarakat yang selanjutnya berdampak luas ke lingkungannya. Salah satu pemicu prevalensi penyakit yang tinggi dapat timbul akibat ketidaktahuan masyarakat tentang informasi kesehatan yang berhubungan dengan terapi yang rasional.  Oleh karena itu, pemerintah melalui dinas terkait juga berkolaborasi dengan institusi pendidikan yang memiliki peran strategis terus berupaya mengedukasi masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan agar mitra memiliki kesadaran tentang pentingnya literasi kesehatan, mampu mencari dan meneruskan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi, mampu mengevaluasi kualitas informasi yang diperoleh, mampu merumuskan informasi yang diperoleh untuk mengatasi masalah yang dihadapi, serta mampu mengkomunikasikan informasi tersebut kepada orang lain.

Pada kegiatan ini dilakukan evaluasi setelah pelaksanaan kegiatan, dan diperoleh hasil bahwa telah terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang informasi kesehatan yang telah disampaikan serta mitra telah memiliki keterampilan dalam menjelaskan dan mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. (PS)